1.11 Latihan Soa-soal
1. Jelaskan definisi Human Computer Interaction (Interaksi Manusia dan Komputer) ?
2. Jelaskan perbedaan antara IMK dan User Interface ?
3. Jelaskan definisi Ergonomi itu ?
4. Mengapa faktor ergonomi dibutuhkan dalam interaksi manusia dan komputer ?
5. Sebutkan dan jelaskan bidang – bidang apa saja yang terlibat dalam IMK ?
6. Apa saja yang terlibat dalam IMK ?
7. Sebenarnya antarmuka apa yang diinginkan oleh user ?
8. Jelaskan tentang strategi yang dibutuhkan untuk pengembangan interaksi manusia dan computer ?
9. Sebutkan dan jelaskan tentang sejarah perkembangan manusia dan computer ?
10. Jelaskan tentang hubungan manusia, komputer dan interaksi dalam IMK ?
Jawaban Latihan 1.11
1. Interaksi Manusia dan Komputer atau HCI adalah Sebuah hubungan antara manusia dan komputer yang mempunyai karakteristik tertentu dengan menjalankan sebuah sistem yang menggunakan antarmuka (interface).
2. IMK terfokus kepada perancangan dan evaluasi antarmuka pemakai (user interface). User interface merupakan jembatan komunikasi yang menjembatani user dengan komputer. Jadi perbedaannya IMK adalah perancangan sedangkan UI ialah antarmukanya.
3. Ergonomi adalah ilmu yang memelajari mengenai sifat dan keterbatasan manusia yang digunakan untuk merancang sistem kerja, sehingga sistem tersebut dapat bekerja dengan baik.
4. Karena dengan factor ergonomic system kerja dapat bekerja dengan baik yang melakukan kenyamanan layanan dalam melakukan pekerjaan yang lama di depan komputer.
5. Bidang yang terlibat dalam IMK :
a. Teknik Elektronika/Ilmu Komputer
Bidang ini membantu memahami perangkat keras dan perangkat lunak yang akan digunakan dalam merancang interaksi manusia dan komputer.
b. Psikologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang sifat dan kebiasaan manusia yang berbeda – beda, kemampuan kognitif dalam memecahkan masalah dan keterampilan motorik pengguna yang beraneka ragam.
c. Perancangan Garfis dan Tipografi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang penggunaan rancangan grafis seperti gamabar akan lebih bermakna dari pada teks/tulisan.
d. Egronomi
Bidang ini membahas tentang aspek fisik yang mendukung dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.
e. Antropologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang cara kerja manusia yang kadang berkelompok baik pada waktu dan tempat yang sama maupun berbeda.
f. Linguistik
Linguistik merupakan ilmu yang mempelajari tentang bahasa. Bidang ini membantu dalam menciptakan suatu dialog yang diperlukan untuk komunikasi yang memadai antara user dan komputer. Dialog ini biasanya menggunakan bahasa khusus seperti (bahasa grafis, bahasa menu, bahasa perintah,dll).
g. Sosiologi
Bidang ini memberikan pemahaman tentang pengaruh interaksi manusia dan komputer dengan aspek sosial masyarakat.
h. Rekaya Perangkat Lunak
Faktor ini yang bisa menciptakan suatu program yang efektif, efesien serta user friendly.
i. Kecerdasan Buatan (AI)
Bagian ilmu komputer yang bertujuan agar komputer dapat melakukan pekerjaan sebaik yang dilakukan manusia. Faktor ini berperan penting untuk menciptakan suatu sistem yang handal, canggih dan menyerupai pola pikir manusia.
j. Multimedia (graphic design)
Multimedia digunakan sebagai sarana dialog yang sangat efektif antara manusia dan komputer. Dengan adanya multimedia ini, tampilan suatu sistem yang dibuat akan lebih menarik dan lebih mudah dimengerti manusia.
6. Interaksi disebut juga proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dengan komputer (pasif). IMK merupakan perihal, tata bentuk, penilaian dan implementasi sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia dengan kajian fenomena yang di dalamnya/interaksi antara pengguna dengan sistem. Komponen yang melibatkan model interaksi diantara pengguna :
a. Pengguna (manusia).
b. Sintem (Mesin)
c. Interaksi
7. Antarmuka yang diinginkan oleh user adalah :
- Efektifitas.
- Fleksibilitas.
- Kemudahan di pelajari.
- Sikap orang terhadap sistem.
8. Strategi yang di butuhkan untuk pengembangan IMK
* Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer.
* Berbagi informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog.
* Pengguna prototipe yang didasarkan pada spesifikasi diaolog formal yang disusun secara bersama–sama antara calon pengguna dan perancang sistem.
* Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah di lakukan.
9. Sejarah interaksi manusia dan computer dimulai pada tahun 50-an ketika computer pertama kali diperkenalkan secara komersial. Computer yang diperkenalkan ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Kemudian pada tahun 70-an mengalami perkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaaan, dsb).
10. Hubungan antara manusia, komputer dan interaksi dalam IMK itu sendiri adalah serangkaian proses dialog serta kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk dapat melaksanakan serta menyelesaikan tugas yang diinginkan.
2.9 Bahan Diskusi
1. Bagaimana pendapat anda mengenai warna dalam IMK, jelaskan ?
Jawab :
Warna dalam komputer sangat berguna terutama sebagai perumpamaan karakter suatu desain jadi antara interaksi manusia dan komputer dalam warna itu sangat penting karena warna mengandung unsur sifat dari warna itu sendiri.
Saat membuat aplikasi, para desainer harus memahami psikologi warna agar pencampuran warna tidak membuat mata merasa tidak nyaman dan cepat lelah karena mata harus melakukan penyesuaian dengan warna tampilan yang digunakan. Aspek dlm memakai warna di desain aplikasi : aspek psikologis, perseptual dan kognitif.
2. Mengapa manusia begitu penting dalam IMK?
Jawab :
Karena manusia berperan dalam menciptakan sistem yang dapat mengolah data menjadi suatu informasi yang dapat disampaikan dan sebagai alat bantu pengambil keputusan. Dengan terbentuknya sistem maka dalam mengatur suatu hubungan itu menjadi lebih mudah. Manusia adalah pemahaman bagaimana suatu komputer itu dapat bekerja sehingga saling berinteraksi dalam dunia yang berbeda.
contoh : dalam dunia komputer sistem itu sangat penting jadi sistem itu lah yang mengatur semua hal atau komponen yang ada pada komputer tersebut.
3. Dalam perancangan antarmuka pemakai, apa yang dapat diperlukan untuk mengakomodasi expert frequent user ?
Jawab :
- Ahli dan mengetahui secara detail kegunaan dari fungsi-fungsi software.
- Dapat menggunakan fungsi-fungsinya dengan optimal.
- Membutuhkan respon yang cepat dan tidak memerlukan feedback.
- User memerlukan adanya perintah macro.
- Menu-menu yang ada dibuat ringkas dan cepat.
0 komentar:
Posting Komentar